Bagai Mana? Cara Budidaya Ikan Discus Yang Tepat

Bagai Mana Cara Budidaya Ikan Discus Yang Tepat

Bagai Mana? Cara Budidaya Ikan Discus Yang Tepat

Bagai Mana Cara Budidaya Ikan Discus Yang Tepat
Bagai Mana Cara Budidaya Ikan Discus Yang Tepat
tentu mesti melalui beragam bagian. Ikan Discuss adalah ikan berwarna merah dengan garis tengah membentang 15 cm pada badannya serta populer juga sebagai ikan pendiam yang suka menyendiri , dan bukanlah termasuk juga model ikan pengganggu. Cara budidaya ikan discus sesungguhnya tidaklah susah. Mari simak ulasan berikut.

Persiapan Budidaya Ikan Discus

Hal pertama yang perlu disediakan yakni wadah akuarium dengan ukuran yang cukup besar , yakni seputar 75 x 35 x 35 cm. Bila telah sediakan wadah akuarium untuk ikan ini , jadi Anda butuh memerhatikan temperatur air di dalamnya. Karna Temperatur air pada akuarium untuk pembudidayaan ikan discus ini yaitu seputar 28 – 30oC. Tidak cuman temperatur , Anda juga mesti memerhatikan tingkat keasaman atau pH air yang dipakai kira-kira 5-6.

Budidaya Siap Dijalankan

Cara budidaya ikan discus mencakup bagian persiapan tempat seperti diatas , pemijahan selanjutnya pembenihan. Dengan beberapa langkah pembudidayaan yang tepat , jadi Anda dapat membuahkan product ikan discus dengan jumlah yang demikian banyak. Cara pemijahan pada ikan ini termasuk cukup gampang , yakni anda cukup memasukkan ikan ini pada akuarium untuk benihnya. Dengan hal tersebut , ikan itu menjadi induk agar bisa menetaskan banyak telur. Dalam cara pemijahan budi daya ikan discus memerlukan paralon pada akuarium juga sebagai tempat sang induk supaya dapat tempelkan telur-telur ikan discus nantinya.

Pemisahan Indukan Dari Anak

Bagian Selanjutnya dari cara budidaya ikan discus yaitu dengan memisahkan pada induk serta anak ikan diskus pada akuarium yang ukurannya semakin besar. Hal semacam ini dikerjakan waktu anakan dari ikan ini sudah berusia 1 bln.. Lalu , telur yang bakal dipunyai sang induk ikan diskus ini bakal menetas kira-kira 60 jam. Bila telur ikan ini telah menetas , setelah itu Anda dapat mempersiapkan akuarium yang baru yang sudah dibikin bersih pada awal mulanya. Diluar itu , Anda juga mesti menjaga larva ikan discus pada bagian budidaya ini. Bila larva telah meraih 3-4 hari , jadi Anda dapat lihat larva ikan ini yang mulai berenang lantas mendekati atau menggelayuti sang induknya terus-terusan. Perlakuan larva ikan itu tidak lain untuk menghisap lendir di sekujur badan induk ikan , dimana lendir itu yaitu makanan paling utama larva ikan discus yang disenanginya.

Pemberian Pakan Ikan Discus

Sesaat untuk pakan induk ikan discus sendiri umumnya berbentuk daging , sayur-sayuran , jantung , udang serta hati. Bila Anda senantiasa sediakan pakan ikan yang disenangi oleh ikan discus , jadi perkembangan mereka juga bakal makin cepat serta baik. Mengenai cara budidaya ikan discus pada ikan yang sudah berumur 1 minggu , jadi Anda dapat menaikkan pakan yang lain , berbentuk larva-larva memiliki ukuran kecil maupun kutu air. Agar bisa lakukan pembudidayaan yang baik , tidak membutuhkan modal yang banyak. Anda cukup senantiasa menanggung kebersihan akuarium serta pemberian pakan ikan yang berkwalitas untuk memperoleh anakan ikan yang banyak serta berkwalitas.
Sekianlah penjelasan tentang bagian cara budidaya ikan discus yang tepat untuk pemula yang baru mengawali membudidayakan ikan ini!