Arti Had, Have, Has, Cara Penggunaan dan Contoh Kalimatnya

Penggunaan kata yang berbeda dalam bahasa Inggris

arti-had-have-has

Beberapa teman SBI di rumah masih bingung menggunakan kata had dalam bahasa Inggris. Apa sebenarnya arti kata itu? Kata itu punya kegunaan dan arti. Had adalah kata yang memiliki banyak kegunaan. Apakah Anda ingin tahu untuk apa kata itu digunakan dalam bahasa Inggris? Simak baik-baik pembahasan berikut ini.

1. Hadir dalam bentuk lampau

Pada dasarnya Had adalah perubahan dari kata haben / hat (sekarang) ke bentuk lampau yang artinya memiliki atau memiliki. Jadi, muncul memiliki bentuk lampau, yang berarti digunakan dalam kalimat tentang peristiwa masa lalu. Jadi arti dari kata pertama adalah memiliki apa yang digunakan dalam bentuk lampau.

Pertimbangkan contoh kalimat:

  • Ketika saya masih kecil, saya memiliki banyak mainan. (Ketika saya masih kecil saya punya banyak mainan.)
  • Saya memiliki strategi yang brilian ketika subjek ditetapkan. (Saya punya ide bagus ketika pertemuan itu berlangsung.)

2. Hadir dalam bentuk sekarang

Teman Pernahkah Anda menemukan ungkapan seperti “Saya sudah punya ponsel selama tiga tahun”? Apakah Anda mencoba melihat bagaimana struktur dalam kalimat memiliki kata di sebelah kata, bukan? Apakah Anda ingin tahu mengapa demikian? Perhatikan pembahasan di bawah ini.

Perlu sobat ketahui bahwa kalimat diatas merupakan kalimat dalam present tense yang artinya kata tersebut memiliki peran sebagai kata kerja bantu, yang sudah berarti / memiliki. Sedangkan kata had adalah V3 atau past participle yang berperan sebagai kata kerja utama yang artinya memiliki / memiliki.

READ  Jaringan Epidermis : Letak, Fungsi, Ciri, Jenis & Struktur

Peran apa yang dimiliki di sini? Ya, kata kerja utama yang artinya memiliki / memiliki. Berdasarkan rumus perfect saat ini yang memiliki Has / Have + Past Participle (Verb 3), maka kata has / have disertai dengan kata Had.

Perhatikan contoh kalimat:

  • Ayah saya sudah punya mobil selama tiga tahun. (Ayah saya sudah memiliki mobil selama tiga tahun.)
  • Orang tua saya sudah memiliki toko ini sejak saya masih kecil. (Orang tua saya sudah memiliki gerai itu sejak saya masih kecil.)

3. Hadir di masa lampau sempurna

Yang terakhir sempurna di masa lalu. Padahal, kata yang tadinya ada di sini merupakan perubahan dari has karena ada perubahan tense dari sekarang menjadi sempurna. Jika present perfect menggunakan struktur kata kerja Has / Have + Past Participle, maka past perfect menggunakan komposisi kata kerja Had + Past Participle.

Lihat contoh kalimat berikut untuk lebih jelasnya:

  • Saya menyalakan AC setelah sampai di rumah. (Saya menyalakan AC setelah sampai di rumah.)
    Kereta menabrak bus setelah sopir bus melakukan kesalahan. (Kereta menabrak bus setelah sopir bus melakukan kesalahan.)
  • Saya punya banyak mobil setelah saya pensiun. (Saya memiliki banyak mobil setelah saya pensiun.)
  • Teman-teman bingung, kenapa ada dua kata di kalimat ketiga? Faktanya, yang pertama memiliki peran sebagai kata kerja bantu, sedangkan yang kedua adalah sebuah past participle yang berperan sebagai kata kerja utama.

Ini adalah penggunaan berbeda dari kata itu dalam bahasa Inggris. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Sumber :