Daftar 10 Aplikasi Cek Barang Original untuk Android

Rate this post

Daftar 10 Aplikasi Cek Barang Asli di Android

Daftar 10 Aplikasi Cek Barang Original untuk Android

Aplikasi Pengecekan Barang Asli atau Tidak

Fungsi dari aplikasi semacam ini adalah untuk memberikan rasa aman kepada pembeli saat melakukan transaksi pembelian. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menguntungkan penjual. Hal ini dikarenakan, setelah pembeli yakin bahwa barang yang dijual aman, mereka tidak akan ragu untuk melakukan transaksi selanjutnya. Untuk itu, berikut daftar aplikasi yang bisa Anda coba:
1. HiddenTag – Verifikasi & Belanja Keaslian

Aplikasi cek barang original yang pertama adalah HiddenTag. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan memindai kode Hiddentag pada produk. Jika hasil scan menyatakan bahwa barang tersebut palsu, maka ada menu laporan yang bisa dipilih. Anda juga dapat menulis ulasan tentang produk.

Perlu diketahui kembali, bahwa kode yang dimaksud bukanlah kode QR atau barcode, melainkan kode Hiddentag. Aplikasi ini tidak akan digunakan untuk memindai bentuk kode lainnya. Mayoritas produk yang memiliki kode Hiddentag ini adalah produk Korea.
2. Barcode itu Pemeriksa

Jika HiddenTag tidak bisa mengecek selain kode Hiddentag, maka Anda bisa mencoba aplikasi yang satu ini. Barcode it Checker didesain untuk mengecek keaslian barang melalui barcode. Cukup buka aplikasi dan pindai kode batang menggunakan kamera ponsel, aplikasi akan menampilkan informasi keaslian produk.

Selain menyatakan bahwa produk tersebut asli atau tidak, jika produk tersebut asli, maka akan muncul di negara tempat produk tersebut diproduksi. Aplikasi ini dapat digunakan di ponsel atau tablet Android. Satu poin terpenting, Barcode it Checker benar-benar gratis untuk digunakan!
3. BPOM Seluler

Untuk pengecekan keamanan produk makanan, obat, dan kosmetik, BPOM Mobile bisa diandalkan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk melacak keaslian produk yang mencantumkan nomor izin BPOM. Jika Anda menemukan produk dengan nomor lisensi palsu, maka pengaduan juga dapat disampaikan langsung melalui aplikasi.

READ  5 Tips Tingkatkan Performa HP Android, Lebih Ngebut!

Untuk memindai produk, arahkan kamera ke kode batang atau kode QR yang disediakan. Perhatikan bahwa untuk menggunakan BPOM Mobile, berikan izin aplikasi untuk menggunakan kamera dan mengakses GPS. Akses GPS diperlukan untuk mengetahui lokasi pengguna saat memindai.
4. Pemindai QR & Kode Batang

Aplikasi pemindai ini dapat memindai kode QR dan kode batang suatu produk. Buka saja aplikasinya dan langsung scan, aplikasi akan langsung menampilkan hasilnya tanpa perlu klik apapun lagi.

Hasil scan yang bisa dibaca dengan aplikasi ini bervariasi. Membaca teks, URL, ISBN, nomor kontak, kalender, email, produk, lokasi, WiFi, dan banyak lagi. Selain untuk memindai, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat kode QR. Untuk melakukannya, masukkan data yang ingin Anda ubah dan klik buat untuk menghasilkan kode.
5. Cek Keaslian PT. ADEV ALAM INDONESIA

Sedikit berbeda dengan aplikasi cek barang asli ini, yang hanya bisa digunakan untuk mengecek keaslian barang tertentu saja. Jadi, aplikasi ini hanya akan mengecek apakah barang tersebut merupakan produk yang diproduksi oleh PT. ADEV NATURAL INDONESIA atau tidak.

PT. ADEV sendiri merupakan produsen kosmetik ternama. Perusahaan ini menerima jasa produksi kosmetik atau lebih dikenal dengan jasa tol. Karena banyaknya produk yang telah diproduksi atas permintaan klien, PT. ADEV membuat terobosan agar konsumen mengetahui produk mana yang asli dan mana yang tidak.
6. Pembaca QR & Kode Batang

QR & Barcode Reader dapat membaca berbagai format kode barcode seperti QR, Aztec, UPC, Data Matix, EAN, Code 39, dan masih banyak lagi. Untuk itu, jangan ragu untuk memindai dengan aplikasi ini dan mendapatkan informasi produk yang diinginkan.

READ  Ini Dia..? 2 Cara Mudah Backup dan Restore Data di WhatsApp

Yang istimewa, pemindaian tidak harus dilakukan melalui pemindaian kamera, karena file gambar pun dapat dipindai. Selain itu, ada juga fitur senter untuk memudahkan pemindaian di lokasi yang gelap. Anda juga dapat memperbesar sehingga Anda dapat memindai kode kecil atau berada di tempat yang agak jauh dari ponsel Anda.
7. CertiEye

Banyak pengguna telah menggunakan CertiEye untuk memeriksa keaslian suatu produk. Hasil scan dapat dijamin akurat dan mewakili informasi yang sebenarnya. Oleh karena itu, pengguna dapat langsung mengetahui keaslian produk tanpa harus menunggu ahli untuk melakukan penilaian.

Namun, pemindaian keaslian produk dengan CertiEye hanya dapat dilakukan untuk produk yang memiliki Tanda Certi. Selain memindai produk, aplikasi ini juga dapat membuka data dan informasi lebih mendalam tentang produk. Cukup klik ‘More Product Info’ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk.

Sumber :