Apa itu WordPress? Keuntungan, kerugian dan manfaat

Apa itu WordPress? Apakah saya benar-benar perlu menggunakannya untuk membangun situs web?

Jawaban singkatnya, benar. Platform yang mudah digunakan untuk pemula, WordPress dipercaya di lebih dari 455 juta situs web di seluruh dunia.

Apa itu WordPress? Keuntungan, kerugian dan manfaat

Apa-itu-WordPress-Keuntungan,-kerugian-dan-manfaat

Artinya jika Anda ingin membangun sebuah website, apapun jenisnya, WordPress bisa menjadi pilihan terbaik.

Nah, jika Anda ingin belajar tentang WordPress sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya, ini adalah artikel untuk Anda.

Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu WordPress, kelebihannya, serta kelebihan dan kekurangannya. Ayo, mari kita mulai!

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sistem manajemen konten (CMS) yang dibuat pada tahun 2004 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little.

Sebagai CMS, WordPress dapat membantu Anda membuat dan mengelola situs web tanpa coding. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan, menambahkan fitur, dan membuat konten di situs web Anda. Jadi cocok juga untuk pemula.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan WordPress secara gratis karena bersifat open source.

Namun, sebelum menggunakannya untuk membuat website, Anda harus terlebih dahulu memilih antara WordPress.com dan WordPress.org.

Apa itu WordPress.com? Ini adalah layanan untuk membangun situs web menggunakan platform WordPress. Layanan ini sudah menawarkan Anda hosting dan domain, baik versi gratis maupun berbayar. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli domain Anda sendiri.

Sayangnya, layanan WordPress.com memiliki banyak keterbatasan, mulai dari fitur hingga resource.

WordPress.org adalah situs web yang menyediakan platform WordPress secara gratis. Anda dapat mengunduhnya dan kemudian menginstalnya. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu membeli hosting dan domain.

READ  Video Bokeh Museum

Ini adalah metode yang paling banyak digunakan karena memberi Anda kebebasan untuk mengelola situs web Anda dengan lebih baik.

Baca Juga: 10 Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org

Artikel ini berfokus pada WordPress sebagai platform. Jadi mari kita mengenal fitur WordPress terlebih dahulu.
Apa saja fitur WordPress?

Sekarang setelah Anda tahu apa itu WordPress, Anda ingin tahu apa fungsinya?

Awalnya, fungsi WordPress adalah untuk menampilkan posting di situs web sederhana. Namun, WordPress telah berkembang dan mendukung berbagai situs web. Berikut adalah fitur-fitur WordPress:
1. Buat situs web perusahaan

Jika Anda ingin membuat situs web perusahaan Anda terlihat profesional, Anda dapat melakukannya dengan WordPress. CMS ini menawarkan banyak fitur yang cocok untuk jenis situs web ini.

Salah satunya adalah berbagai macam tema website bisnis. Tema-tema ini juga mudah diatur, sehingga Anda bisa mendapatkan tampilan yang Anda inginkan hanya dengan beberapa klik.
2. Buat situs web portofolio

Apakah Anda ingin mempresentasikan karya Anda dalam portofolio? Mudah membuat situs web portofolio dengan WordPress. Ini adalah bagaimana pekerjaan Anda akan dilihat oleh banyak orang!

Sebuah website portofolio berguna untuk berbagai profesi. Baik yang bergerak di bidang kreatif seperti web designer atau ilustrator maupun profesional pada umumnya.

Nanti Anda dapat menambahkan berbagai fungsi, mis. B. galeri yang tampilannya dapat Anda sesuaikan dengan mudah.
3. Buat situs web forum

Fitur WordPress selanjutnya adalah pembuatan situs komunitas. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan CMS untuk mengatur forum online.
Forum Nigahoster – apa itu WordPress

WordPress memungkinkan Anda untuk dengan mudah menambahkan berbagai fitur khas situs forum. Misalnya, Anda dapat mengizinkan pengunjung untuk membuat akun, menambahkan postingan, dan mengomentari postingan pengunjung lain.
4. Buat toko online

READ  Kenapa Kamera Whatsapp Ngezoom?

Untuk berjualan online sebenarnya bisa menggunakan marketplace. Namun, situs ini menawarkan lebih banyak kemudahan dalam hal rekrutmen, branding, dan periklanan.

Nah, fitur lain dari WordPress adalah pembuatan toko online. Jadi, platform ini adalah pilihan yang tepat untuk membuat website toko online yang akan menampilkan semua produk yang Anda jual.

CMS ini menawarkan berbagai fungsi yang khas untuk toko online. Antara lain, mengatur metode pembayaran, menghitung biaya pengiriman secara otomatis, dan mengelola pesanan.
5. Buat blog dan situs web berita

Fungsi WordPress yang paling umum adalah membangun blog dan situs web berita. Alasannya adalah karena WordPress pada awalnya adalah platform blogging, jadi tidak ada alasan untuk meragukan kemampuan bloggingnya.

Misalnya, halaman editor WordPress tidak hanya untuk menyisipkan teks dan media visual. Anda juga dapat menggunakannya untuk menempelkan konten dari platform lain seperti YouTube. Ini memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk menentukan konten posting atau pesan blog.

WordPress juga memiliki fitur konten

LIHAT JUGA :

jasa penulis artikel murah